Kamis, 09 November 2017

Hari Pahlawan di Lamakera

Lamakera, Solor Timur (10/11/2017)

Hari Pahlawan adalah hari peringatan yang dirayakan pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, dimana para tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia (Wikipedia)

Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November kembali diperingati. Tahun ini mengangkat tema "Perkokoh Persatuan dengan Membangun Negeri". Dengan harapan momentum peringatan tahun ini bisa semakin meningkatkan persatuan dan rasa nasionalisme dalam membangun negeri.

Untuk memperingati hari Pahlawan 10 November 2017, beberapa sekolah di Lamakera yaitu, MAN 1 Flores Timur, MTSN Lamakera, SDI Watobuku, SDN Lamakera dan MIN 5 Flores Timur mengadakan Upacara bersama. Para guru beserta semua muridnya, jajaran pemerintah desa Watobuku dan Moton Wutun, Tim Kesehatan dari Puskesmas menanga, tamu/undangan serta masyarakat yang hadir terlihat bersemangat. Walaupun terik matahari membakar kulit, mereka tetap khusuk mengikuti rangkaian acara hingga upacara selesai. Upacara ini diadakan di halaman pelabuhan Laut Lamakera. Turut hadir pula jajaran Koramil Solor Timur.

Dalam sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Bapak Koramil, menyatakan bahwa "Semangat kebangsaan yang kita kenang hari ini di hari pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan yang Universal bukan nasionalisme yang sempit. Sebuah Nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa "My Nationalisme is Humanity". Lebih lanjut dinyatakan bahwa pads dasarnya setiap warga bangsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Ini berarti bahwa dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan terbuka kita menyadari tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi!
Pada bagian akhir pidato, beliau mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Setelah upacara panitia menyelenggarakan lomba lari karung bagi siswa SD dan pertunjukan Denvil oleh siswa MAN 1 Flotim sekaligus juga pembagian hadiah kejuaraan. Patut diketahui juga bahwa dalam menyongsong Hari Pahlawan ini, beberapa hari sebelumnya diadakan perlombaan voli pantai dan tarik tambang yang diikuti oleh seluruh masyarakat baik tua maupun muda. Puncaknya hari ini yaitu upacara bendera dan pembagian hadia kejuaraan.

Kegiatan memperingati hari Pahlawan yang diselenggarakan di Lamakera ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pengorbanan dan jasa-jasa para pahlawan yang telah membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia. Menilik kembali pernyataan Bung Karno, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan".

Dengan adanya kegiatan hari ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa persatuan, rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi para peserta didik dan kaum muda khususnya di Lamakera sebagai generasi penerus bangsa. Tonggak estafet pembangunan bangsa pada saatnya akan berada di tangan mereka.

SELAMAT HARI PAHLAWAN 2017/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar