Sabtu, 14 November 2015

Eksotiknya Pulau Solor


Solor adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, yakni di sebelah timur Pulau Flores. Pulau ini dibatasi oleh Selat Lowotobi di barat, Selat Solor di utara, Selat Lamakera di timur, serta serta Laut Sawu di selatan. 
Tidak dipungkiri lagi bahwa pulau Solor sudah dikenal dunia sejak tahu1500-an ketika masa penjajahan portugis. ketika itu solor dikenal dengan primadonanya yaitu kayu cendana. hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan-peninggalan portugis yaitu Benteng Lohayong.  Benteng Lohayong berada di titik tertinggi Pulau Solor berdasarkan informasi yang dapat secara turun-temurun, benteng itu digunakan Portugis untuk memantau sekeliling Pulau Solor. Berdasarkan literatur, antropolog Jerman Paul Arndt menyebutkan bahwa benteng itu dibangun tahun 1555-1603. Pembangunannya dilakukan pada masa Raja Portugis, Henricus XVII. Namun, sekitar tahun 1600, Portugis meninggalkan benteng itu akibat gesekan dengan masyarakat sekitar benteng. Sebagian pindah ke Larantuka, sebagian lagi ke Sikka. Kedua daerah itu ada di Pulau Flores.

Pulau Solor masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Flores Timur dengan ibukotanya di larantuka. di pulau Solor terdapat tiga kecamatan yaitu Kecamatan Solor Timur, Kecamatan Solor Barat, dan Kecamatan Solor Selatan.
perjalanan menuju pulau Solor ditempuh menggunakan motor laut dari pelabuhan penyeberangan di kota
larantuka. perjalanan kurang lebih satu jam. namun, rasa capai, jenuh dan bosan terbayar lunas. ketika berada dalam perahu motor, sejak itu pula kita sudah mata kita sudah dimanja dengan hasil karya Tuhan yang begitu indah. pemandangan yang tidak kita temukan di wilayah lain dimuka bumi ini. selama perjalanan mengarungi laut, kita disambut berbagai macam ikan dilaut solor dengan lompatan-lompatan indah di laut. yang paling unik adalah ikan lumba-lumba. 
ketika pertama kali kita tiba di pulau solor, yang kita lihat adalah sebuah pulau yang memiliki kondisi tanah kering dan gersang. dengan suhu disiang hari yang sangat panas membakar kulit. tapi itu cuma salah satu pengorbanan kecil yang harus kita hadapi untuk menikmati keindahan pulau disisi lainnya.
Pulau dengan kontour tanah berbatu dan karang yang menjorok ke laut, dengan tebing-tebing terjal membuat hatiku berdecak kagum.. cckkk, solor tak kalah indahnya dengan tempat wisata lainnya.

di ujung Solor Timur, terdapat sebuah kampung bernama Lamakera. Berbeda dengan Warga NTT lainnya yang mayoritas beragama Kristen/Katolik, seluruh Warga Lamakera beragama Islam. Dan hebatnya, meski berada di pulau kecil yang terpencil, Warga Lamakera mampu membangun sebuah masjid yang sangat megah dan indah, membuat saya terkagum-kagum. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 2012 ini diberi nama Masjid Al Ijtihad. Masjid ini mempunyai tujuh pintu, yang diberi nama sesuai nama tujuh suku yang ada di Lamakera, yaitu Lewoklodo, Ema Onang, Kiko Onang, Lamakera, Hari Onang, Lawerang, dan Kuku Onang. Masjid ini mempunyai lima menara dengan menara utama yang berada di depan masjid menjulang setinggi 45 meter, menjadikannya menara masjid tertinggi di wilayah NTT.
masjid Al Itihad



cuma satu kata yang dapat diucapkan buat pulau solor, "Eksotik"..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar